50 Ayat Puitis Melayu Klasik

By | 2:04 PM Leave a Comment
#



1. Manis madu di lidah, pahit di hati. - maksudnya, sesuatu yang terasa manis di mulut mungkin tidak selalu enak untuk dirasakan dalam hati.

2. Kerana nila setitik, rosak susu sebelanga. - maksudnya, sesuatu yang kecil atau tidak berarti dapat mengakibatkan kerugian yang besar.

3. Bagai aur dengan tebing, lebih mesra lagi bersua. - maksudnya, sesuatu yang sudah akrab dan saling mengenal akan semakin dekat dan mesra saat bertemu kembali.

4. Ada udang di sebalik batu. - maksudnya, ada suatu rahasia atau hal yang tersembunyi yang mungkin berbahaya atau dapat menimbulkan kesulitan.

5. Seperti belukar yang lalang, seribu rebah satu bangun. - maksudnya, kekuatan terletak pada persatuan, banyaknya individu yang bersatu dapat mengalahkan satu orang yang berdiri sendiri.

6. Air dicincang tidak akan putus, daun keladi disangkut tidak akan lepas. - maksudnya, ikatan atau hubungan yang erat sulit diputuskan atau dilepaskan.

7. Tiada rotan, akar pun berguna. - maksudnya, dalam keadaan susah atau terdesak, kita harus menggunakan sumber daya apa pun yang ada.

8. Hendak seribu daya, tak hendak seribu dalih. - maksudnya, jika seseorang ingin melakukan sesuatu, ia harus berusaha dengan sungguh-sungguh, dan tidak mencari-cari alasan untuk menunda-nunda.

9. Air tenang jangan disangka tiada buaya. - maksudnya, meskipun terlihat tenang, namun suatu situasi mungkin berbahaya.

10. Kepentingan bangsa di atas segalanya. - maksudnya, kepentingan bangsa harus diutamakan di atas kepentingan individu atau kelompok.

11. Seperti ular menyusur akar, begitulah manusia merayu hati. - maksudnya, seseorang yang pandai berbicara dan mengelak dapat merayu hati orang lain.

12. Seperti garam dalam air laut, manusia harus menyebar ke seluruh dunia. - maksudnya, manusia harus berkelana dan menyebar ke seluruh dunia untuk mencari pengalaman dan memperoleh pengetahuan.

13. Tepuk dada, tanya selera. - maksudnya, orang harus menanyakan apa yang disukai atau diinginkan orang lain sebelum mengambil tindakan.

14. Jangan meminta kain yang lebih panjang dari badan. - maksudnya, jangan meminta atau menginginkan sesuatu yang tidak sesuai dengan kemampuan atau kapasitas kita.

15. Sehari selembar benang, lama-lama menjadi kain. - maksudnya, jika kita bekerja dengan konsisten dan tekun, walaupun hanya sedikit demi sedikit, pada akhirnya akan mencapai hasil yang besar.

16. Jangan bertindak seperti ayam yang sudah bertelor. - maksudnya, jangan merasa terlalu puas dan sombong dengan hasil yang sudah dicapai.

17. Air tenang jangan disangka tiada buaya. - maksudnya, kita harus selalu waspada meskipun dalam situasi yang terlihat aman.

18. Tak kenal maka tak cinta. - maksudnya, kita harus mengenal seseorang dengan baik sebelum kita bisa mencintainya.

19. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. - maksudnya, persatuan adalah kekuatan, sedangkan perpecahan bisa meruntuhkan kekuatan tersebut.

20. Jangan menilai buku dari sampulnya. - maksudnya, kita harus melihat seseorang dari kualitas dan kepribadiannya, bukan dari penampilannya.

21. Matahari terbit dari timur. - maksudnya, segala sesuatu memiliki titik awal dan asalnya.

22. Kesopanan adalah bahasa jiwa. - maksudnya, sopan santun dan kesopanan adalah cerminan jiwa seseorang.

23. Banyak jalan menuju Roma. - maksudnya, ada banyak cara untuk mencapai tujuan yang sama.

24. Kepercayaan adalah fondasi utama dalam hubungan. - maksudnya, hubungan yang baik memerlukan kepercayaan yang kuat.

25. Hidup hanya sekali, namun jika hidup dengan benar, satu kali cukup. - maksudnya, hidup yang baik dan bermakna bisa dijalani dalam satu kali kesempatan.

26. Pohon yang tinggi, akarnya dalam. - maksudnya, kekuatan seseorang terletak pada akar-akarnya atau nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang dimiliki.

27. Perbekalan hidup tidak sebanyak perbekalan akhirat. - maksudnya, persiapan untuk akhirat lebih penting daripada persiapan untuk hidup di dunia.

28. Tangan yang memberi lebih baik daripada tangan yang menerima. - maksudnya, memberi lebih bermakna daripada menerima.

29. Miskin yang berakhlak lebih baik daripada kaya yang tidak berakhlak. - maksudnya, karakter dan akhlak seseorang lebih penting daripada kekayaan materi.

30. Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. - maksudnya, dengan usaha yang konsisten dan terus-menerus, kita bisa mencapai tujuan besar.

31. Surga di bawah telapak kaki ibu. - maksudnya, ibu sangat penting dan harus dihormati karena ia adalah sumber kasih sayang dan pengorbanan.

32. Jika ada kemauan, pasti ada jalan. - maksudnya, dengan tekad yang kuat, kita bisa menemukan cara untuk mencapai tujuan kita.

33. Takut akan sesuatu yang belum terjadi adalah sia-sia. - maksudnya, kekhawatiran yang berlebihan tidak membantu menyelesaikan masalah.

34. Banyak bicara sedikit berbuat, membuat orang meragukan. - maksudnya, tindakan lebih penting daripadakata-kata kosong yang tidak diikuti dengan tindakan.

35. Tidak ada gading yang tak retak. - maksudnya, tidak ada yang sempurna dan setiap orang pasti memiliki kekurangan.

36. Sehari selembar benang, lama-lama menjadi kain. - maksudnya, dengan usaha yang terus-menerus, kita bisa mencapai sesuatu yang besar.

37. Jangan mencari kesalahan orang lain, carilah kesalahan dirimu sendiri. - maksudnya, sebelum menyalahkan orang lain, kita harus memeriksa diri sendiri terlebih dahulu.

38. Kesalahan kecil, kebijaksanaan besar. - maksudnya, kita harus belajar dari kesalahan kecil yang kita buat dan menjadi lebih bijaksana.

39. Takut akan hantu, jangan berjalan sendirian di tempat sepi. - maksudnya, kita harus waspada dalam situasi yang berbahaya atau potensi bahaya.

40. Kita adalah apa yang kita pikirkan. - maksudnya, pikiran kita sangat mempengaruhi perilaku dan tindakan kita.

41. Cinta itu buta, tapi kasih sayang melihat segalanya. - maksudnya, cinta kadang-kadang membuat orang tidak melihat kelemahan pasangan, namun kasih sayang melihat segalanya termasuk kekurangan tersebut.

42. Jangan menunda-nunda sesuatu yang bisa dilakukan hari ini, sampai besok. - maksudnya, sebaiknya kita menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang bisa dilakukan hari ini daripada menunda-nunda sampai besok.

43. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. - maksudnya, dengan usaha yang konsisten dan terus-menerus, kita bisa mencapai tujuan besar.

44. Kebahagiaan bukanlah tujuan, tapi sebuah perjalanan. - maksudnya, kebahagiaan bukanlah sesuatu yang bisa dicapai secara instan, tapi merupakan hasil dari perjalanan hidup yang penuh makna.

45. Jangan takut gagal, takutlah tidak berusaha. - maksudnya, lebih baik berusaha meskipun gagal daripada tidak berusaha sama sekali.

46. Hidup adalah perjuangan. - maksudnya, hidup adalah sebuah perjuangan yang harus dihadapi dan dilewati.

47. Orang bijak belajar dari pengalaman, orang bodoh belajar dari kesalahan sendiri. - maksudnya, kita bisa belajar dari pengalaman orang lain dan tidak perlu melakukan kesalahan yang sama.

48. Kata-kata baik tidak selalu benar, tapi kata-kata benar selalu baik. - maksudnya, kebenaran lebih penting daripada ketenaran atau kebaikan-kebaikan yang kosong.

49. Kesabaran adalah kunci kesuksesan. - maksudnya, kesabaran dan ketekunan sangat penting dalam meraih kesuksesan.

50. Kepercayaan tidak bisa dibeli dengan uang. - maksudnya, kepercayaan harus diperoleh dengan usaha dan pengorbanan yang tulus.

References Links

4 Idea Hadiah Menarik Untuk Yang Tersayang

  1. Phone Case Custom: Phone Case dengan custom gambar dan nama orang yang anda ingin hadiahkan
  2. Rantai Custom: Rantai Berharga dengan Custom nama orang yang anda sayang
  3. Pen Custom: Pen dengan Custom Tulisan dan Nama orang yang anda ingin hadiahkan
  4. Jam Tangan Custom: Jam Tangan dengan Custom Nama dan tulisan agar si dia sentiasa mengingati anda ketika menggunakannya
Newer Post Older Post Home

0 comments: